Selasa, 09 Juni 2015

Perawatan Induk Sapi Perah Melahirkan



Perawatan Induk Melahirkan
Perawatan Induk Sebelum Melahirkan
Untuk mendapatkan pedet yang cukup kuat salah satu caranya memperhatikan dan merawat induk sapi yang akan melahirkan. Sekurang-kurangnya 6 minggu sebelum beranak induk sapi sudah dikeringkan dan diberi pakan istimewa dan cukup baik kualitas dan kuantitasnya. Pemberian pakan yang baik dan pemeliharaan, dimulai saat induk berada pada masa dua bulan sebelum beranak. Pertumbuhan janin terjadi pada masa itu dan diperlukan zat makanan yang penting untuk masa pertumbuhan. Hal ini juga akan memberi pengaruh pada kualitas dan jumlah antibody yang terkandung didalam kolostrum, sebagai susu pertama untuk pedet yang memberi nilai bagi kesehatan pedet setelah dilahirkan.
Pemeliharaan di masa kering memerlukan keseimbangan ransum dan memberi dorongan untuk pertumbuhan janin. Jika induk mendapatkan pakan dengan kandungan energi dan atau protein yang rendah, maka janin boleh jadi akan tetap berkembang seperti pada umumnya, tetapi induk akan menggunakan cadangan dari tubuhnya atau keperluan pertumbuhannya untuk menjamim perkembangan kandungannya. Intinya, pertumbuhan janin memerlukan prioritas zat makanan dari pada pertumbuhan induknya atau penjagaan kondisi tubuh induk. Induk yang mendapatkan jumlah pakan yang kurang akan mengalami banyak permasalahan saat persalinan. Pada induk yang tua, mereka akan menggunakan cadangan tubuh, seperti lemak dan protein dan cadangan ini tidak akan mencukupi untuk produksi susu. 
Kekurangan pakan pada ternak yang bunting tua tidak akan menyebabkan pedet lahir dalam keadaan kecil, tetapi penampilan produksi induk akan menurun setelah bersalin. Mineral dan vitamin sangat penting bagi ternak bunting tua dan perkembangan janin serta akan mengurangi permasalahan kesehatan, seperti pencegahan terjadinya retensio placenta, meningkatnya sistem immun sehingga ternak dapat melawan gangguan penyakit, seperti mastitis sebelum atau setelah beranak. Kekurangan mineral seperti fosfor, mangan, kobalt, tembaga, seng dan selenium dapat menyebabkan defisiensi pada pedet yang dilahirkan. Hal yang paling efektif untuk mencegah terjadinya diare adalah dengan melakukan vaksinasi pada ternak bunting tua dengan vaksin diare sebelum beranak. Induk dewasa harus diinjeksi 4 – 6 minggu sebelum bersalin. Induk divaksin dua bulan sebelum beranak dan diulang kembali satu bulan sebelum bersalin. Vaksin diare mengandung rota dan corona virus, E. Coli dan atau Clostridium perfingens. 
Perawatan Induk Setelah Melahirkan
          Perawatan induk sapi setelah melahirkan tidak boleh diabaikan karena setelah melahirkan sapi rentan terkena penyakit. Dengan pemeliharaan yang baik setelah melahirkan dapat meningkatkan hasil produksi yaitu produksi susu maupun anak.
          Setelah melahirkan induk sapi harus mendapatkan pakan yang bagus dan air minum yang bagus pula. Air minum yang bagus disini dapat berupa elektrolit yang dapar meningkatkan energi sapi tersebut. Pakan yang baik adalah pakan yang memiliki protein dan nutrisi yang lainnya tinggi. Dapat juga diberikan kalsium dengan cara diinfus. Dan dalam beberapa hari setelah melahirkan sapi harus dalam pengawasan yang baik, untuk melihat plasenta yang tersisa sehingga dapat di beri bolus untuk membersihkan alat reproduksi sapi tersebut.


5 komentar:

  1. kenapa memerlukan perawatan ?

    BalasHapus
  2. agar setelah melahirkan sapi induk dapat memproduksi susu yang tinggi dan dapat melahirkan anak berikutnya dengan tepat

    BalasHapus
  3. Setelah sapi melahirkan,,, sebaiknya dimandikan dulu atau di bersihkan ambingnya kemudian langsung di perah?

    BalasHapus
  4. TITNCO TINNING - Titanium Wok Rod - The TINNING
    TITNCO TINNING. The TINNING Rod is a replica of titanium earrings the titanium symbol famous TINNING machine. Designed for the best in safety. ford edge titanium Features titanium trim hair cutter a stainless steel frame. The case measures titanium oxide formula 12” long and

    BalasHapus